oleh

Wakapolda Sulsel Bersama Rombongan Kunjungi Kerajaan Laikang Di Takalar

TAKALAR | Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Wakapolda Sulsel) melakukan kunjungan ke Rumah Adat Kerajaan Laikang yang letaknya berada di Dusun Cikoang, Desa Cikoang, Kec. Mangarabombang, Kab. Takalar (18/3).

Dalam kunjungan Wakapolda bersama rombongan di Kerajaan Laikang disambut dengan prosesi adat, yakni berupa tarian a’ngaru atau sebuah tarian penjemputan.

Kunjungan ini juga dihadiri oleh para Pemangku Adat Karaeng Laikang, Raja Sanrobone, Raja Polongbangkeng, Raja Bangkala, Raja Arungkeke, Sesepuh Kerajaan Laikang, Tripika, Kepala Desa Se-Kecamatan Mangarabombang, tokoh masyarakat, dan tokoh adat lainnya.

Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol. Drs.Adnas, M.Si mengungkapkan bahwa kunjungannya ke Rumah Adat Kerajaan Laikang dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi. “Kami sekaligus mengajak para pemangku adat kerajaan untuk ikut berperan aktif menjaga situasi keamanan yang kondusif, khususnya menjelang pesta demokrasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019”, tuturnya.

Foto: Saat Kunjungan Wakapolda Sulsel Dan Rombongan Di Rumah Adat Kerajaan Laikang.

Dalam kunjungan silaturrahmi tersebut, Raja Laikang memberikan gelar kebangsawanan “Imannuntungi Karaeng Tojeng” kepada Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. Drs.Adnas, M.Si. Arti dari gelar tersebut yaitu Raja yang menuntun kebenaran. Raja Laikang juga memberikan PIN kerajaan, sementara Perdana Menteri Kerajaan Laikang memberikan sebuah Keris Pusaka.

Wakapolda Sulsel merasa sangat senang dan bahagia atas gelar kebangsawanan yang diberikan dari Kerajaan Laikang. Wujud rasa syukur dan jalinan tali silaturahmi dengan kerajaan laikang sebagai pemangku adat ditandai dengan diserahkannya 1 ekor kerbau untuk dipotong, dengan harapan agar aliran darahnya yang mengalir ke tanah sebagai tanda bahwa dirinya adalah bahagian dari Keluarga Besar Kerajaan Laikang.

Personil Polres Takalar, jajaran Polsek Mangarabombang, beserta para anggota Koramil Kecamatan Mangarabombang, ikut diterjunkan untuk melakukan pengamanan kunjungan silaturahmi tersebut. (Red. MP)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed