oleh

Pemda Takalar Gelar Rapat Kesepakatan Penentuan Lokasi Ibu Kota Kecamatan Kepulauan Tanakeke

TAKALAR | Pemerintah Daerah Kab. Takalar berencana akan membentuk Kepulauan Tanakeke sebagai salah satu Kecamatan di Kab. Takalar, terlebih dahulu dilakukan pertemuan yang di pimpin secara langsung oleh Sekda Takalar Drs. H. Arsyad, MM untuk Penentuan Lokasi Ibu Kota Kecamatan Kepulauan Tanakeke. Rapat digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Kamis (31/1/2019).

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Takalar, Ketua Pansus, Camat Mappakasunggu, para Kepala Desa di Kecamatan Mappakasunggu, Ketua BPD Kecamatan Mappakasunggu.

Sekda Takalar H. Arsyad menuturkan bahwa rencana pembentukan Kecamatan Kepulauan tanakeke sudah direncanakan dari 3 era pemerintahan sebelumnya tetapi dengan segala upaya dan usaha yang dilakukan, rencana ini baru dapat terwujud di pemerintahan H. Syamsari bersama H. Achmad Dg. Se’re.

“Tentu ini merupakan suatu kado istimewa di HUT Kabupaten Takalar Ke-59. Pembentukan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dan harus berimplikasi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan berharap dengan keberadaan Kecamatan Kepulauan Tanakeke dapat menjadi sumber potensi ekonomi baru diwilayah Kab. Takalar”, jelas H. Arsyad.

Sementara itu, Ketua DPRD Kab. Takalar H. Muh. Jabir Bonto, menyampaikan bahwa pertemuan ini sebagai salah satu bentuk silaturahim dengan warga Kepulauan Tanakeke dan penetapan lokasi ibu kota kecamatan kepulauan Tanakeke harus disepakati bersama dan jika sudah disepakati maka akan di buatkan Peraturan Daerahnya (Perda).

“Rencana Pembentukan Kecamatan Kepulauan Tanakeke merupakan usulan dari Bupati Takalar melalui Sekda Takalar dan disetujui oleh DPRD Takalar dan Panitia Khusus (Pansus)”, ungkap H. Muh. Jabir Bonto.

Ketua DPRD Kab. Takalar lebih lanjut menjelaskan bahwa Pemda Takalar membentuk Kepulauan Tanakeke sebagai kecamatan agar dapat mendekatkan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat yang ada di pulau. Jika sudah terbentuk, Pemda akan memberikan kapal Feri untuk mempermudah akses transportasi masyarakat ke Kepulauan Tanakeke.

“Jika Kecamatan Kepulauan Tanakeke sudah terbentuk, Pemerintah Daerah akan menata pembangunan, insfrastruktur dan pelayanan di pulau kecamatan menjadi lebih baik”, pungkas H. Jabir Bonto.

Disepakati dalam pertemuan tersebut bahwa Dusun Dande-Dandere Desa Maccini Baji sebagai Ibu Kota Kecamatan Kepulauan Tanakeke. Desa Maccini baji di pilih sebagai ibu kota Kecamatan Kepulauan Tanakeke karena ditinjau dari segala sisi, Dusun Dande-Dandere memiliki letak strategis karena terletak dipertengahan di Pulau Tanakeke dan memiliki falisitas penunjang seperti Pasar, Sekolah dan PLN 24 jam. (Red. Ibha)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed