oleh

Panwaslu Kecamatan Somba Opu Gelar Rapat Koordinasi Di Awal Tahun 2019

GOWA | Panwaslu Kecamatan Somba Opu melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) tentang agenda pengawasan bersama Pimpinan Bawaslu Kab. Gowa yang digelar di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Somba Opu, Senin (14/01/2019).

Ketua Panwaslu Kecamatan Somba Opu, Chairil Anwar, S.H., M.H., saat membuka rakor menyampaikan beberapa hal terkait agenda pengawasan terhadap netralitas ASN, pengawasan pencegahan money politik dan kegiatan-kegiatan caleg yang tidak dilaporkan ke Bawaslu. “Kegiatan ini merupakan koordinasi diawal tahun 2019 antara Panwascam dan seluruh PPL mengingat masa pemilihan sisa 96 hari”, ungkapnya.

“Rakor ini bertujuan untuk memberikan penguatan-penguatan ke seluruh PPL agar mengintensifkan pengawasan lapangan, mengingat caleg juga sudah giat melakukan kegiatan namun tidak melaporkan ke Bawaslu”, tutur Chairil Anwar.

Lebih lanjut Ketua Panwaslu Kec. Somba Opu memaparkan bahwa Panwascam dan PPL harus satu frekuensi dalam melakukan aktivitas pengawasan pemilu. “Hal ini agar masyarakat tidak merasa bahwa penyelenggara tidak profesional dalam menjalankan tupoksinya”, pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan Bawaslu Gowa, Yusnaeni, S.Pd., M.Pd., memberikan arahan kepada PPL Somba Opu agar melakukan pemetaan titik rawan konflik di wilayah Kelurahan masing-masing. Selain itu juga melakukan pemetaan terhadap posko-posko caleg ditiap kelurahan. “Tujuan untuk memudahkan melakukan pengawasan aktivitas caleg yang tidak dilaporkan kepada Pengawas”, ujarnya.

“PPL harus lebih aktif berkoordinasi kepada pemerintah setempat terkait netralitas ASN dan menjadikan kasus Lurah Bontoramba sebagai pelajaran dan kehati-hatian. PPL jangan ragu menindak caleg yang melakukan pelanggaran”, tutup Yusnaeni. (Red. Isra)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed