oleh

KPU Gowa Dan KKDG Selenggarakan Sosialisasi Pemilih Pemula

GOWA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa bekerjasama dengan KKDG (Komite Komunitas Demokrasi Gowa) menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemula di Pesantren Bahrul Ulum, Kabupaten Gowa, Minggu (27/1/2019).

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, yakni siswa(i) Madrasah Aliyah Pesantren Bahrul Ulum sebanyak 50 orang. Hadir juga beberapa Stekholder Pembina Pesantren, Lahasan selaku Ketua KKDG dan Chairil Anwar, M.H., selaku Sekertaris KKDG, beberapa anggota KKDG dan Staff KPU Gowa.

Ketua Panitia, Muktadir Khair yang juga selaku Alumni Pesantren Bahrul Ulum sekaligus anggota KKDG mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna menambah wawasan pemilih pemula. “Dengan adanya sosialisasi ini akan menambah wawasan tentang kepemiluan bagi pemilih pemula agar pemilih pemula nantinya tidak golput,” ungkapnya.

Pembina Pesantren Bahrul Ulum, Ustadz Usmar Syahrani dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Gowa dan KKDG yang telah menyelenggarakan sosialisasi di pesantren ini. “Tentu kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami selaku pengurus pesantren dan lebih khusus lagi bagi santri dan santriwati kami disini, karena memang kegiatan sosialisasi pemilih pemula seperti ini baru pertama kali dilaksanakan di pesantren Bahrul Ulum,” ucapnya.

“Kegiatan ini akan memberikan pemahaman bagi siswa kami tentang apa dan bagaimana pemilu itu, karena usia peserta memang adalah usia pemilih pemula. Apalagi memang jumlah pemilih pemula di Kabupaten Gowa terbilang tinggi, sehingga perlu perhatian khusus bagi mereka untuk memberikan pemahaman terkait kepemiluan”, tutur Ustadz Usmar Syahrani dalam materinya.

Foto: Suasana Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemula di Pesantren Bahrul Ulum.

Sekali lagi, kami mewakili seluruh unsur pesantren mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada KPU Kab. Gowa dan Komite Komunitas Demokrasi Gowa (KKDG) telah melaksanakan kegiatan sosialisasi ini di pesantren kami,” jelas Ustadz Usmar Syahrani.

Sementara itu Perwakilan KKDG, Abd. Karim dalam materinya memaparkan bahwa pemilih pemula memiliki karakteristik yang berbeda sehingga membutuhkan pemikiran dan penanganan yang serius dalam pemilu mendatang.

Ketua KPU Gowa, Mukhtar Muis mengatakan bahwa pemilih pemula adalah Warga Negara Indonesia yang sudah genap berusia 17 tahun dan atau lebih atau sudah/pernah kawin yang mempunyai hak pilih, dan sebelumnya belum termasuk pemilih karena ketentuan Undang-Undang Pemilu.

“Kami menyampaikan dan mengarahkan kepada siswa dan siswi untuk mengecek namanya secara online dalam daftar pemilih tetap pada situs resmi KPU” tutupnya. (Red. Isra’)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed