oleh

Hadapi Pemilu, Bawaslu Takalar Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

TAKALAR | Dalam menghadapi Pemilu 17 April 2019, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Takalar giat menggelar Pengawasan Pemilu Partisipatif. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Grand Kalampa Takalar, Kamis (31/1/2019).

Sosialisasi ini di hadiri oleh Pimpinan Bawaslu Prov. Sulawesi Selatan yakni Muh.Azry Yusuf,SH.,MH., Pimpinan Bawaslu Takalar serta Pimpinan Panwaslu Se Kabupaten Takalar. Juga dihadiri oleh ratusan orang peserta dari berbagai stackholder, baik dari Instansi Pemerintah Takalar maupun kalangan OKP, Media dan LSM yang ada di Kabupeten Takalar.

Pimpinan Bawaslu Takalar, Nellyati, S.Hum dalam materi yang dibawakannya mengatakan bahwa bagaimana kerangka pemilu 2019 dalam pengawasan partisipatif bisa terprogres secara massif dan apa yang kita lakukan ini, steckholder dan masyarakat mempunyai visi dengan Bawaslu Takalar agar dapat mewujudkan sebuah pemilu yang demokratis dan berintegritas sehingga dapat melahirkan pemimpin cerdas dan berkomitmen.

“Hal ini penting untuk masyarakat ketahui dan ini adalah ruang dalam proses pelanggaran dibawaslu itu perlu dilakukan pengkajian, sehingga bagaimana pelapor bisa cerdas dan dilakukan komunikasi yang baik supaya informasi sangat muda didapatkan”, tutur Nellyati.

Foto: Pimpinan Bawaslu Takalar, Nellyati, S.Hum Saat Menyampaikan Materi Dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif.

Lebih jauh Nellyati memaparkan tentang bagaimana dalam melakukan perluasan proses-proses pencegahan pemilu. Pada perbawaslu No.21 tahun 2018 tentang mekanisme tentang pengawasan agar bisa dilakukan dan memberikan pemahaman di masyarakat.

Selain itu, dalam proses pemilih dapat dilakukan legitimasi terhadap pemilu di Kab. Takalar, dengan melalui desa berpotensi yang ada di Takalar sehingga dapat membina desa sadar pengawasan dan bisa dilakukan ekspansi dari Desa yang dianggap strategi dalam melakukan pencegahan pelanggaran.

Efektifitas Forum Awas Takalar dan Forum Awas Galesong cukup sangat membantu untuk melakukan pencegahan dan Forum Awas ini bergerak secara mandiri dan salut atas pencapaiannya dalam pengawasan partisipatif.

“Kami juga mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulsel Muh. Azry Yusuf, SH.,MH dalam memberikan ilmu dan pemahaman terhadap seluruh peserta sosialisasi”, jelas Nellyati. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed